Selasa, 20/11/2007 11:23 WIB

Jangkauan Wi-Fi Capai 380 Km

Fransiska Ari Wahyu – detikinet
<!––>


Eric Brewer (VOANews)
California – Wi-Fi selama ini hanya didesain untuk jarak dekat. Saat ini telah dikembangkan sebuah alat untuk memperluas jangkauan teknologi Wi-Fi. Jangkauannya bisa mencapai lebih dari 380 kilometer.

Adalah Eric Brewer, profesor ilmu komputer di University of California, Berkeley telah mengembangkan sebuah alat untuk memperluas jangkauan teknologi Wi-Fi (Wireless Fidelity). Alat tersebut adalah WiLDNet, Wi-Fi yang berbasis pada jaringan jarak jauh.

Selama ini Wi-Fi hanya didesain untuk jarak dekat. Eric Brewer memprediksikan bahwa sebagian besar WiLdNet hanya akan dibutuhkan untuk menjangkau jarak beberapa kilometer. Namun, di Venezuela, sebuah jaringan yang menggunakan teknologi WiLd-Net dan software khusus, mampu mencapai jarak lebih dari 380 kilometer (km).

WiLDNet menggunakan sebuah perangkat jaringan (router) yang hanya membutuhkan daya 7 watt, yang dapat dihasilkan oleh baterai mobil, energi matahari atau energi listrik dari provider lokal. Jaringannya menggunakan antena yang dibantu dengan siaran ulang (relay) di tempat-tempat dimana perangkat tersebut tidak dapat ditempatkan secara langsung.

Dikutip detikINET dari VOANews, Selasa (20/11/2007), WiLDNet dapat digunakan untuk tujuan kemanusiaan maupun untuk tujuan bisnis atau bahkan kedua-duanya. Berkat WiLDNet, sekolah pedalaman di Ghana dan Filipina bisa terhubung dengan internet. Di Guinea-Bissau, WiLDNet digunakan untuk menghubungkan stasiun radio komunitas. Di India bagian selatan, WiLDNet menghubungkan pusat perawatan mata di sebuah desa miskin dengan rumah sakit mata di kota Theni sehingga penduduk desa dapat memperoleh perawatan dari dokter melalui video konferens. Hasilnya, sebanyak 3.000 pasien dengan keluhan serius sekarang telah dapat melihat dengan lebih baik.